• Breaking News

    Punya Lembak

    Kumpulan Makalah, Ilmu Pengetahuan, widget dan seputar Tips dan Trik, Cinta

    16 Manfaat menjadi seorang blogger



    Blogger saat ini masih dianggap sebagai kegiatan untuk menyalurkan hobi untuk menulis. Tak banyak orang yang yakin dan percaya kalau menjadi blogger dapat membuat seseorang hidup berkecukupan bahkan menjadi kaya.

    Bila kita ditanya orang apa sih kerjaan kamu? Ketika dijawab seorang Blogger, maka tak sedikit orang yang meremehkan, menyepelekan, bahkan menganggap kita pemalas karena kerjaannya cuma duduk di depan laptop atau komputer. Tak jarang orang bahkan menyarankan untuk mencari pekerjaan yang tetap dan mantap dan meninggalkan kegiatan ngeblog karena itu hanya sebuah hobi belaka.

    Nah, buat Anda yang pernah mengalami hinaan dan cercaan yang membuat motivasi ngeblog Anda turun, maka ada baiknya Anda tahu bagaimana sih rasanya jadi blogger itu. Disini ada beberapa hal yang menjadi keuntungan dan kelebihan seorang blogger.





    1. Mahir menulis

    Permasalahan terbesar bagi sebagian orang adalah mereka tidak bisa menulis. Mayoritas orang lebih senang jadi pembaca atau penonton. Mereka akan bilang, saya nggak punya bakat nulis. Nah, di sini kita akan kalahkan semua itu, meskipun itu jelek dan tidak berkualitas. 

    2. Lebih kreatif

    Kalau kamu seorang blogger dan berjalan pada koridor yang begitu-begitu saja, maka itu bisa dikatakan sebagai blogger gagal. Seorang blogger yang baik akan memacu dirinya menjadi lebih kreatif. Memutar otak agar bisa menyajikan sesuatu yang berbeda dari blogger lainnya.
    Blogging is powerful form of self-expression. Ngeblog itu bentuk terkuat untuk ekspresikan diri. Ini mendorong seseorang menjadi lebih kreatif dari sebelumnya. Selain merawat diri agar tetap bergairah mencari ilmu dan informasi terbaru, seorang blogger juga akan jauh lebih kreatif.

    3. Dapat menyalurkan Hobby yang Bermanfaat

    Setiap orang bebas untuk memilih hobbynya, hobby tentu ada yang memiliki banyak manfaat dan ada juga yang sedikit manfaat. Jika Anda sudah dewasa tentu sudah memahami apa beda banyak manfaat dan sedikit manfaat. Yang jadi pertanyaan apakah hobby Anda saat ini memiliki banyak manfaat dan berpengaruh baik dalam kehidupan? jika itu tidak maka carilah hobby yang memberikan banyak menfaat. Jelas-jelas bahwa blogging adalah salah satu hobby banyak memberikan manfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Baik diri sendiri maupun orang lain.
    4. Menambah Wawasan

    Selain dapat melatih diri menjadi lebih kreatif dan selalu up to date pada informasi terbaru menjadi blogger juga dapat menambah serta memperkaya pengetahuan dan wawasan Anda. Karena untuk menciptakan artikel yang menarik dan bermanfaat tentu Anda butuh referensi dan bahan yang membuat Anda menguasai materi bahasan. Inilah dikatakan akan memperluas dan memperkaya wawasan Anda. Jadi secara tidak langsung dapat dikatakan bahwa seorang blogger itu cerdas dan kreatif dalam bidang-bidanya
    Jika artikel yang Anda tulis terbilang dapat menarik simpati dari penggunjung yang artinya tulisan tersebut unik, bermanfaat dan mudah dimengerti sehingga disukai pembaca hal ini tentu dapat menjadi suatu sarana untuk mempopulerkan diri Anda sebagai penulis yang profesional. Apalagi jika Anda aktif dalam grup-grup komunitas blogger dalam media sosial, ini akan membantu untuk mengenalkan blog Anda yang akhirnya dapat mebuat diri Anda terkenal.
    Hasil tulisan yang menarik kemungkinan besar akan membuat Anda mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah satu pembicara disebuah seminar yang berkaitan dengan dunia blogger.Dan ini bisa memberikan keuntungan tersendiri untuk anda.

    5. Rajin membaca

    Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat membaca yang terendah di dunia. Tak heran kalau negara kita sulit bangkit dari keterpurukan, karena remaja dan generasi muda lebih suka nonton acara joget di TV ketimbang memeras otak membaca dan menelaah makna sebuah karya tulisan orang lain. Dengan menjadi blogger sudah pasti Anda rajin membaca karena tidak mungkin Anda mampu membuat tulisan yang bagus bila Anda sendiri jarang membaca.

    6. Selalu up-to-date

    Tak bisa dipungkiri, selain wartawan, blogger adalah orang yang paling up to date terhadap perkembangan berita. Karena blogger selalu ingin mencari tahu berita terbaru untuk menjadi bahan posting di blognya. Untuk itu blogger selalu haus akan info terbaru dan berita terbaru yang ada di dunia saat ini sehingga menjadikan ia seseorang yang selalu up-to-date. 

    7. Tidak gagap teknologi

    Sebagai orang yang hidup di era digital dan informasi, adalah suatu keharusan bagi seorang blogger untuk tahu perkembangan teknologi terbaru. Terlebih apabila niche blognya adalah teknologi dan gadget. Menjadi seorang blogger juga membuat Anda tidak gagap teknologi alias gaptek.
    Sebab Anda sudah terbiasa dengan berbagai macam fasilitas di internet, seperti YouTube, Facebook, Twitter, Dropbox, SlideShare,dan lain-lain.
    Kemampuan menggunakan teknologi itu harus Anda banggakan. Karena tidak semua orang mampu melakukannya.

    8. Memahami ilmu marketing

    Anda sadari atau enggak, dengan menjadi seorang blogger anda sudah mengetahui dasar-dasar ilmu marketing.
    Semua hal di atas itu menunjukkan kalau Anda sedikit banyak tahu tentang dunia marketing. Anda harus bangga karena banyak orang yang tidak mengetahui ilmu seperti itu bahkan tidak familiar sama sekali dengan yang namanya marketing.

    9. Berjiwa peneliti

    Blogger tidak hanya punya kemampuan menulis, namun untuk menjadi seorang blogger yang baik Anda dituntut harus menguasai berbagai bidang. Salah satunya adalah penelitian. Kenapa bisa begitu? Karena sebelum melakukan posting blog, Anda harus melakukan riset kata kunci online.

    Itu bisa berupa perkiraan kata-kata kunci yang bakal dicari orang, atau Anda menggunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk riset kata kunci. Selain itu, Anda juga kerap meneliti dan menganalisa berbagai kesalahan yang terjadi di blog Anda. 

    Jadi dengan menjadi seorang blogger, saya dengan bangga menyatakan kalau kita para blogger ini kelasnya sama seperti ilmuwan dan profesor hanya tanpa gelar!

    10. Dikenal banyak orang

    Siapa yang tak kenal Raditya Dika? Blogger kondang multi talenta ini sangat terkenal baik di dunia maya ataupun dunia nyata. Bisa dikatakan ialah selebriti blogger Indonesia yang belum ada saingannya hingga saat ini.

    Dengan menjadi blogger, terbuka peluang bagi anda untuk dikenal masyarakat luas bahkan tampil di media seperti koran, majalah, radio,hingga tampil di televisi seperti Raditya Dika.

    Kalaupun tidak sepopuler Raditya, tulisan-tulisan anda akan dibaca oleh orang lain. Anda akan dikenal dengan karya tulisan anda. Apakah anda bisa dikenal orang lain bila tidak menjadi blogger? Bisa sih, tapi ada caranya untuk jadi orang terkenal. 

    11. Anda punya fans

    Super Junior, Justin Bieber, SNSD, dan Noah adalah penyanyi dan kelompok musik yang mempunya banyak fans. Kita juga pasti melihat kan bagaimana histeria para penggemar mereka untuk menonton idolanya?

    Sebagai blogger, Anda juga bisa mempunyai fans yaitu pelanggan RSS atau newsletter. Terlepas apakah Anda punya sedikit atau banyak, setidak-tidaknya Anda sudah punya fans. Tidak banyak orang yang mempunyai fans yang karyanya selalu ditunggu. Bayangkan Anda punya ribuan fans yang selalu menunggu tulisan terbaru Anda.

    12. Menjadi lebih disiplin

    Berdasarkan pengalaman menjalani beberapa hari di Malaysia dan Singapura, dapat disimpulkan kemajuan mereka disebabkan karena penduduknya yang disiplin. Terlebih di Singapura, penduduknya sangat-sangat disiplin. Seorang blogger sukses sudah menerapkan sifat kedisiplinan ini dalam dirinya.

    Coba bayangkan apa jadinya bila Anda tidak pernah update blog lagi. Trafik dan penghasilan anda pun akan turun drastis. Cara terbaik agar blog Anda tetap ramai dikunjungi adalah dengan disiplin membuat postingan, rajin berkomentar di blog lain, share posting ke social media, dan lain-lain Kedisiplinan adalah kunci paling penting untuk menggapai kesuksesan. Tak ada kisah orang sukses tanpa disiplin diri yang baik

    13. Bisa kaya dari blog

    Mungkin manfaat yang kelima ini bisa menjadi jawaban atas pertanyaan, mengapa orang Eropa banyak yang memilih menjadi full time blogger? Itu karena menjadi blogger juga bisa menjadi kaya raya. Buktinya sudah sangat banyak blogger yang jadi kaya dengan penghasilan yang besar.

    Penghasilan ini didapatkan dari iklan yang dipasang di blog. Memang tidak mudah dan tidak ada blogger yang kaya mendadak. Semua butuh usaha dan konsisten. Hal pertama yang harus dilakukan seorang blogger agar menjadi kaya adalah membuat trafik blognya tinggi setinggi-tingginya, dengan begitu, pengiklan yang akan datang dengan sendirinya.


    Kaya raya dari blog itu hanya mimpi? Tidak juga. Kalau tidak percaya silahkan baca kisah-kisah sukses pebisnis online yang berangkat dari blog. 

    14. Membuat Kamu Lebih Berjiwa Sosial

    Seorang blogger yang baik akan terbentuk dengan sendiri menjadi lebih sosialis. Itu karena jaringan pertemanan di lingkungan blogger sangat luas dan dipenuhi oleh berbagai macam kriteria orang. Menjadi blogger sangat tidak cocok bagi mereka yang bersifat individualis.

    15. Memiliki koneksi yang luas

    Anda memiliki banyak teman di kehidupan nyata. Berapa banyak teman aAda yang sehobi? Dengan menjadi blogger Anda akan meningkatkan jaringan pertemanan. Anda pun dapat menambah teman baru yang sehobi. Bukankah asyik ngobrol dengan teman yang punya hobi dan orientasi yang sama?

    Enaknya di dunia blogger itu tidak ada yang namanya blogger senior, blogger pemula, blogger profesional. Semuanya setara dan menganggap dirinya adalah orang biasa. Anda harus bangga punya komunitas seperti itu.

    16.  Kamu Bisa Jadi Orang Yang Berpengaruh

    Di era digital ini, siapa saja bisa menjadi orang yang berpengaruh di masyarakat. Blogger pun demikian. Pernah dengar nama Arianna Huffington. Mungkin kata Huffington tidak asing ditelinga banyak orang. Yah, itu karena Arianna Huffington telah merubah dirinya menjadi orang yang berpengaruh di Amerika Serikat.

    Berawal dari hobbynya menulisa di blog pribadinya, Arianna Huffington tidak sadar bahwa tulisan-tulisannya soal politik telah merubah cara pandang orang-orang di Amerika. Jadilah ia menjadi referinsi banyak pihak, dan blog yang ia kelola berubah menjadi media arus utama yang diperhitungkan di Amerika, The Huffington Post.
    Itulah sebagian kecil manfaat menjadi seorang blogger,sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya.
    Semoga yang kita tadi dapat bermanfaat dan sebagai motivasi kita semua agar tetap semangat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi banyak orang.





    Comments
    0 Comments

    Entri Populer

    Blog Archive

    Pilihan