• Breaking News

    Punya Lembak

    Kumpulan Makalah, Ilmu Pengetahuan, widget dan seputar Tips dan Trik, Cinta

    13 perbedaan antara blogspot dengan wordpress

    Blogspot dan Wordpress merupakan salah satu situs blog gratis yang dapat kita gunakan untuk hal-hal yang dapat bermanfaat untuk para pengguna internet lainnya, beberapa diantaranya      seperti saling berbagi informasi, berbisnis, dan sebagainya. Namun antara blogspot dengan wordpress terdapat perbedaan dimana masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri.
    Berikut perbedaannya:



    1.      Template / Tema
    Template merupakan tampilan dari suatu blog. Pada blogspot, kita bisa merubah tampilan template dengan mengedit kode atau HTML pada template di blogspot tersebut. Sedangkan pada wordpress sendiri, kita tidak dapat mengubah templatenya dan kita hanya bisa memilih template yang tersedia saja.
    Hal dasar yang terlihat ketika kita menggunakan blogspot adalah kebebasan dalam mengotak atik template. Hal ini dikarenakan blogspot memiliki ekstensi HTML, jadi bisa dirubah-rubah sesuai dengan kemauan tanpa harus menjadi seorang ahli. Berbeda ketika kita menggunakan wordpress. Ekstensi yang digunakan adalah PHP. Nah, sifat PHP ini lebih pada keadaan paten dan hanya bisa dirubah oleh orang-orang yang mahir dibidang PHP.

    2.      Edite ukuran gambar pada artikel
    WordPress menyediakan fasilita edite ukuran gambar dalam artikel sesuai keinginan, antara panjang dan lebar gambarnya, sedang dalam blogger kita hanya diberikan pilihan antara ukuran besar, sedang dan kecil.

    3.      Statistik / Grafik
    Statistik merupakan suatu grafik yang dapat menunjukkan jumlah pengunjung. Di blogspot, fitur ini tidak tersedia karena konsepnya cenderung minimalis dan harus pasang script jika ingin menampilkannya. Sedangkan di wordpress fitus ini sudah tersedia dengan otomatis dan tidak perlu memasang script lagi.

    4.      Fitur
    Ketika membahas mengebai fitur yang ditawarkan antara blogspot dan wordpress maka akan ada perbedaan yang sangat signifikan. Mengapa ?, itu karena sudah jelas sekali bahwa fitur yang ditawarkan oleh wordpress itu sangat banyak, bahkan bisa mencapai ratusan. Fitur ini disediakan dalam bentuk plugin-plugin. Jadi, jika Anda ingin memasang fitur tambahan pada wordpress maka tinggal download pluginnya lalu di instal. Berbeda jauh dengan blogspot yang semuanya serba terbatas. Hanya berkisar antara Script HTML yang itu sedikit.

    5.      Tipe Postingan
    Pada blogspot hanya terdapat tipe “post” dan sedangkan pada wordpress terdapat tipe “pages” dan “post”.
    Perbedaan antara Blogspot dengan WordPress lainnya adalah bahwa dengan menggunakan WordPress berarti kita bisa melakukan paste langsung artikel dari MS Word ke dalam kolom posting artikelnya karena sistem dalam CMS wordpress bisa langsung menghilangkan kode bawaan dari windows begitu artikel dipaste di dalamnya. Adapun dalam blogspot kita harus mem-paste-nya terlebih dahulu ke dalam aplikasi Notepad dan baru kemudian diletakkan dalam postingan. Karena jika tidak, kode yang panjang sekali dari sistem microsoft akan ikut terposting dan mempengaruhi kecepatan browser dalam membaca filenya.

    6.      Hosting/ domain
    Untuk custom domain (domain berbayar), Blogspot lebih unggul dari segi biaya. Tanpa membeli paket hosting, pengguna Blogspot masih dapat melakukan custom domain dengan tetap menggunakan Blogspot sebagai media servernya. Sedangkan WordPress, kita wajib membeli paket hosting + domain, jadi biayanya sedikit lebih mahal. Apalagi jika Blognya memiliki trafik tinggi, alhasil hosting yang dipilih harus memiliki bandwidth yang besar. Jika tidak, maka Blog / Web tersebut akan sering DOWN.
    Sebenernya ada sih web yang menyediakan hostingan GRATIS, namun fiturnya tidak selengkap hosting berbayar dan bandwidthnya pun sangat dibatasi. Tapi…keuntungan yang akan didapat jika menggunakan hosting berbayar adalah soal kenyamanan. Jika menggunakan hosting berbayar, kita bebas melakukan apa saja tanpa perlu khawatir akan dibanned oleh Blogspot maupun WordPress karena melanggar TOS yang telah dibuat. Selain itu, Blog kita pun lebih terlihat profesional.

    7.      Tutorial pendukungnya

    Dari segi penyediaan tutorial untuk pengguna blogger mungkin untuk saat ini bisa dikatakan lebih banyak dibanding wordpress, ya tentunya menurut versi Caraspot selama bergelut pada dua jenis CMS tersebut. Tapi untuk menyiasati ini, jika seandainya kamu pengguna wordpress dan tidak menemukan tutorial dari masalah dalam blogmu, maka solusinya adalah dengan mencarinya di blog-blog berbahasa Inggris karena jangkauannya lebih luas, belum lagi hampir setiap negara ada yang memilih membuat blog berbahasa inggris sehingga lebih banyak lagi tutorial yang tersedia. Ini yang penulis lakukan selama ini dan memang sangat membantu.

    8.      Komentar
    Pada wordpress, kita memiliki wewenang atau hak untuk melakukan penyensoran terhadap komentar yang masuk ke blog kita. Sedangkan pada blogspot, kita tidak dapat melakukan penyensoran tersebut.

    9.      SEO
    Ada yang bilang kalau SEO yang diterapkan oleh blog platform wordpress itu lebih waw dikarenakan SEO yang digunakan itu berasal dari plugin SEO. Namun pernyataan ini masih diragukan.

    10.  Monitaze
    untuk yang satu inilah yang menjadi target incaran utama para blogger. Jujur, jika ingin mendapatkan penghasilan dari blogger secara mudah pasti menggunakan blog platform blogspot. karena blog platform blogspot sudah ada menu HTML Java Script. Jadi, tinggal pasang kode iklan aja disitu. Apalagi untuk iklan Google Adsense.
    Berbeda jika membahas mengenai blog platform wordpress yang jika ingin mendapatkan pengahasilan dari situ maka blog harus terlebih dahulu dirubah menjadi blog TLD lalu kemudian ada langkah-langkah tertentu agar blog bisa dipasang iklan.

    11.  Pemasangan Script
    Pada blogspot kita diizinkan atau dapat memasang script sedangkan pada wordpress kita tidak dapat melakukan pemasangan script. Hal ini berhubungan dengan dunia bisnis. Bagi orang yang senang dengan bisnis PPC, tentunya akan memilih blogspot dibandingkan dengan memilih wordpress. Ini dikarenakan wordpress tidak mengizinkan penggunaan javascript. Sedangkan pemakaian javascript sendiri sangat diperlukan untuk menampilkan iklan dari PPC.

    12.  Jika bermasalah atau error
    Jika kamu tidak punya banyak waktu mengelola blog wordpress lebih baik gunakan blogspot saja karena bisa dibilang pakai blogspot hampir tak mengenal kata ‘error’ dan kalau pun terjadi kesalahan dalam kode templatenya ia masih bisa tetap online dan halaman lain tetap masih bisa dibuka. Berbeda jika menggunakan wordpress, ada salah pengkodean sedikit saja ia bisa langsung error dan terkadang sama sekali tidak bisa dibuka dan hanya menampilkan halaman putih saja. Repotnya lagi, jika masalahnya tidak ditemukan dalam blognya langsung maka kita harus masuk ke bagian Cpanel hostingnya yang mana pada bagian tersebut butuh pengetahuan yang cukup agar bisa mencari pokok masalahnya.

    13.  Word Counter
    Dalam WordPress tersedia penghitung jumlah kata di bawah kolom penulisan artikelnya, sedangkan blogger.com sama sekali tidak menyediakan. Penulis sendiri pernah mengirim saran mengenai ini pada pihak Google tapi sepertinya manajemen mereka tidak tertarik melakukannnya, padahal jumlah kata dalam artikel juga menjadi peningkat ranking dari suatu artikel blog.


    Dari pembahasan di atas, terlihat jelas bahwa antara blogspot dan wordpress terdapat kelebihan dan kelemahan masing-masing. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat..!


    Comments
    0 Comments

    Entri Populer

    Blog Archive

    Pilihan