• Breaking News

    Punya Lembak

    Kumpulan Makalah, Ilmu Pengetahuan, widget dan seputar Tips dan Trik, Cinta

    20 Cara Jitu Belajar yang Efektif dan Efisien

    1. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

    Yang perlu anda lakukan pertama adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantaranya: dengan iringan music yang tenang, belajar di tempat-tempat yang sejuk dan nyaman seperti di taman.




    2. Jangan belajar terlalu banyak ketika akan ujian
    Inilah sebuah doktrin yang saya rasa sangat keliru, "kamu harus belajar sungguh-sungguh, besok ada ujian"..kira-kira teman-teman sudah mendengar ocehan yang seperti itu? Ini adalah kesalahan, sebenarnya ketika akan ujian itu kita gunakan untuk merehat otak sekejap, justru pas hari-hari biasalah kita harus sungguh-sungguh. Sistem KS (kebut semalam) sangat merusak cara berpikir kita, karena hanya akan menimbulkan tekanan bukan pengetahuan.

    3. Mengatur waktu belajar
    Penentuan waktu belajar memegang peranan yang sangat sentral. Sebaiknya, waktu belajar ini disusun dalam bentuk daily activity. Penempatan waktu belajar dalam kegiatan sehari-hari juga harus mempertimbangkan kondisi lingkungan dan kondisi fisik dan fisiologis. Kondisi lingkungan (baik rumah maupun sekolah) harus menjadi pertimbangan. Kondisi fisik dan fisiologis juga harus menjadi prioritas. Biasanya, dimalam hari, kondisi tubuh kita terasa capek, penat karena aktivitas keseharian, sehingga tidak mendukung belajar yang efektif. Kami menyarankan belajar di pagi hari (kalau bisa, biasakan bangun lebih awal). Kalau bisa, waktu malam, tidurlah lebih cepat, untuk menyegarkan kondisi tubuh kembali, sehingga bisa bangun lebih awal. Belajar dipagi hari lebih menguntungkan, dimana otak dalam kondisi fresh kembali, juga kondisi lingkungan biasanya tidak terlalu mengganggu (tenang).

    4. Penggunaan sarana dan prasarana belajar
    Sarana dan prasarana belajar disini hanya sebuah alat. Jika tersedia silahkan digunakan, tetapi bukan merupakan prasyarat utama. Sarana belajar disini bisa berupa video pendukung dengan apa yang sedang dipelajari, ataupun alat-alat lainnya. Silahkan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada untuk mendukung belajar yang efektif.

    5. Membuat review materi
    Membuat review materi sangat penting dalam belajar. Review disini digunakan untuk memanggil kembali (recall) apa yang sudah dipelajari. Dengan mereview materi, kita dapat melihat secara sistematis apa-apa yang sudah kita pelajari. Dengan review pula, kita bisa merencanakan apa yang masih kurang dari materi yang sudah kita pelajari, sehingga dapat menentukan langkah dan memilih buku lain yang tepat untuk melengkapi materi yang sedang kita pelajari.

    6. Merangkum Materi Pelajaran
    Kegiatan ini sangat penting. Kenapa? Karena jika anda membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Carilah intisari dari pelajaran tersebut. Kalau perlu catat ulang materi-materi yang dianggap penting, sehingga mempermudah dalam mempelajarinya.

    7. Belajar sambil diskusi
    Belajar secara kelompok memang dimaksudkan agar seseorang yang kurang mampu memahami materi bisa berdiskusi dengan orang yang sudah paham. Sehingga pertukaran ide terus berjalan, yang pintar tidak semakin pintar, begitu pula yang bodoh tidak semakin terperosok. Semua bisa menjadi seimbang.

    8. Jangan hanya menghafal
    metode menghafal mungkin bisa menyukseskan kita dalam mencari "nilai-yang-baik", namun apakah pengetahuan kita bertambah? tidak. Pahamilah materi dengan mempelajari konsep-konsepnya, bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya, begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. Sehingga kita akan tahu betapa indahnya Ilmu Pengetahuan itu. Dalam film 3 idiots, ada sebuah quotes yang sangat mengena: "Dengan menghafal, kamu bisa menghemat waktumu selama 4 tahun di universitas, namun kau telah menghancurkan 40 tahun hidupmu kedepan"

    9. Jangan malu-malu untuk bertanya
    Bila kita ada yang belum paham mengenai materi yang diajarkan, cukup dengan acungkan jari dan bertanyalah kepada bapak/ibu guru, jangan malu bertanya bila kita tidak bisa, jangan jadikan gengsi "takut dibilang lambat oleh teman2" sebagai alasan, karena hal yang seperti itu tidak masuk akal!

    10. Metode Mempersingkat atau Memodifikasi Menyerupai Nama Sesuatu
    Untuk mempermudah hafalan, gunakan singkatan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak tidak terbebani dengan hafalan-hafalan berat.

    11. Belajar dengan Praktik
    Mempraktekan semua materi yang pernah diajarkan oleh guru akan membuat Anda jauh dari kebosanan dan membuat suasana belajar lebih menyenangkan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi lebih asik.

    12. Aktiflah ketika di kelas
    Usahakan untuk aktif ketika berada di kelas. Bertanyalah kepada bapak atau ibu pengajar di kelas. Tanyakan hal-hal yang mungkin masih belum anda mengerti. Jika perlu, anda buat dahulu list persoalan yang belum anda mengerti dari rumah. Sehingga ketika berada di kelas, anda dapat dengan mudah menyampaikannya kepada bapak atau ibu guru dan dosen pengajar di kelas. Dengan begitu, kemungkinan untuk persoalan yang sulit anda mengerti akan dapat terjawab oleh para pengajar anda. Jangan tunggu bapak atau ibu guru dan para pengajar menanyai anda atau menyuruh anda bertanya dan mengungkapkan pendapat di kelas. Mulailah dengan inisiatif sendiri untuk berani bertanya. Jangan malu atau takut untuk melakukannya, karena jika anda berhasil maka anda sendirilah yang akan menikmati keberhasilan anda, bukan orang lain.

    13. Internet
    Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. termasuk dalam hal untuk mendukung proses belajar. Manfaatkan internet untuk sebanyak mungkin meraup ilmu. Bahkan di internet hampir semua hal dapat ditemukan. Mungkin saja hal-hal baru dapat anda temukan. Solusi untuk pelajaran yang mungkin dirasa sulit dan mungkin saja belum ditemukan solusinya, dapat dengan mudah ditemukan dari internet. Manfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk mendukung proses belajar anda. Jika anda belum memiliki koneksi internet, manfaatkan warnet. Jika anda sudah memiliki koneksi internet, semisal modem usb, anda bisa lebih mudah menggunakan dan memanfaatkan fasilitas tersebut dari rumah. Oh iya, jika anda ingin lebih jauh mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk merawat modem usb, coba baca artikel menarik ini, cara merawat modem usb yang baik dan benar.

    14. Fokus dan serius di kelas
    Bagi anda para pelajar dan mahasiswa yang masih aktif, tentu saja masuk sekolah dan masuk kuliah wajib hukumnya. Pelajaran dan keterangan dari bapak ibu guru dan dosen di kelas sudah barang tentu menjadi menu utama dalam kegiatan belajar mengajar. Manfaatkan semaksimal mungkin momen ini untuk sedapat mungkin menyerap sebanyak mungkin ilmu yang disampaikan oleh bapak ibu guru atau dosen. Jangan hanya ngobrol dan mengantuk ketika di kelas. Berusahalah untuk terus fokus dan serius ketika sedang belajar didalam kelas. Terapkan dalam diri, bahwa keberhasilan dalam menyerap ilmu adalah hak setiap orang, dan anda harus menjaga kondisi fokus dan serius ini secara kontinyu.

    15. Cintailah mata pelajaran yang anda suka
    Anda tidak bisa dalam fisika (misal), namun anda sangat mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan anda seorang fisikawan hebat, karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan. Sekarang tidak bisa, namun karena kecintaan tersebut anda mempelajarinya setiap waktu, tunggulah hingga mimpi indah tiba. You'll be the best, but wait until the time's coming on ^_^

    16. Ingatlah tujuan utama kita sekolah
    Tujuan utama kita sekolah ialah untuk mencari ilmu pengetahuan, bukan hanya menerima "Cara Untuk Memperoleh Nilai yang Baik" saja. Nilai tidak akan bisa mencerminkan kualitas seseorang, lihatlah kenyataannya. Tidak masalah kita ada di peringkat berapapun, yang terpenting ialah belajar bukan untuk mencapai kesuksesan..tetapi untuk membesarkan jiwa. ini merupakan Cara Belajar paling Efektif yang terus saya gunakan, karena saya yakin ilmu bukan sebatas CORETAN NILAI, tapi banyaknya kita berbagi kepada sesama.

    17. Perpustakaan
    Jangan malas untuk berkunjung ke perpustakaan. baik itu perpustakaan di sekolah, di kampus ataupun perpustakaan apa saja dan dimana saja. Manfaatkan adanya perpustakaan ini untuk meraup sebanyak mungkin ilmu yang dapat anda serap. Membaca di perpustakaan akan dapat menambah ilmu anda. Jika pelajaran dan keterangan yang didapatkan di kelas dirasa belum maksimal dan belum dapat memecahkan masalah, terkadang dengan membaca dan mencari tambahan buku di perpustakaan bisa menjadi sebuah solusi yang tepat untuk memecahkan masalah yang mungkin belum terpecahkan sebelumnya. Bagaimana? intinya, manfaatkan perpustakaan.

    18. Perbanyaklah latihan soal
    Latihan soal juga sangat berperan penting dalam proses belajar. Terutama untuk mata pelajaran eksak. Seperti matematika, fisika dan lain-lainnya. Pahami materi dan rumus-rumus inti, setelah itu jangan lupa untuk berlatih mengerjakan soal-soal. Dengan begitu, anda akan lebih mudah memahami dan akan lebih mudah mengingat kembali cara mengerjakan yang baik dan benar, karena anda sudah terbiasa mengerjakannya sewaktu latihan mengerjakan soal.

    19. Membuat kesimpulan
    Pembuatan kesimpulan adalah hal yang sangat penting sebagai hasil dari apa yang kita pelajari selama ini. Sebaiknya kesimpulan akhir ini ditulis secantik mungkin, agar dapat dibaca dan dijadikan referensi jika kita sedang mempelajari hal yang sama dikemudian hari. Bahkan kesimpulan bisa merupakan kisi-kisi/intisari dari sebuah materi.

    20. Berdoa kepada Tuhan YME
    Terakhir, jangan sampai anda lupakan kekuatan doa. Karena, bagaimanapun juga Tuhan YME lah yang menentukan segalanya. Manusia hanya dapat berencana, Tuhan YME lah yang menentukan. Untuk itulah anda perlu menyadari betapa pentingnya berdoa. Beribadah dengan rajin dan berdoa dengan tulus ikhlas kepada Tuhan YME. Percayalah, Tuhan YME akan memudahkan semua usaha anda, selama anda benar-benar melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dan terus berdoa memohon kepada-Nya. Tuhan YME tidak akan mengecewakan hamba-Nya yang bersungguh-sungguh. Man Jadda wa Jadda.
    Comments
    0 Comments

    Entri Populer

    Blog Archive

    Pilihan