Jenis dan Cara Kerja Iklan di YouTube

 Pemasukan iklan adalah sumber penghasilan yang bagus untuk para kreator. Pikirkan cara membuat video yang beresonasi dengan penonton dan cocok bagi para pengiklan.

Ada 3 faktor penting dalam sistem monetisasi YouTube:

  • Penonton
  • Kreator
  • Pengiklan

Dari perspektif penonton, pihak YouTube ingin Youtube menjadi tempat terbaik untuk menikmati konten yang menghibur.

Picture By https://rangkingsatu.com/

Dari perspekstif kreator, pihak YouTube mengharapkan YouTube bisa menjadi platform yang optimal, di mana para kreator bisa membuat konten yang disukai penonton dan menghasilkan uang yang berkelanjutan dari konten yang mereka unggah.

Dari perspektif pengiklan, pihak YouTube ingin menyediakan lingkungan aman untuk menjangkau target penonton mereka secara tepat dengan presisi yang bisa diukur.

Ketiga pemain ini saling melengkapi.

  • Kreator membangun penonton
  • Pengiklan membeli iklan untuk menjangkau penonton, dan
  • Penonton menonton video dengan iklan yang relevan, lalu
  • Kreator mendapat bayaran.

Setelah bergabung ke Program Partner YouTube, kamu bisa memonetisasi video kamu dangan cara mengaktifkan iklan dari YouTube Studio dan mulai menghasilkan uang.

Sangat disarankan untuk memilih semua format iklan sebagai default upload supaya kamu bisa memaksimalkan jenis iklan yang ditayangkan.

Namun, pastikan video yang dipilih untuk menampilkan iklan mematuhi pedoman yang cocok untuk pengiklan.

Konten yang cocok untuk pengiklan biasanya sesuai untuk sebagian besar penonton dan tidak berisi topik yang sensitif, seperti konten yang menjurus ke arah seksual, narkoba, atau konten ujaran kebencian.

Itu hanya sebagian, masih ada banyak lagi contoh konten yang tidak cocok untuk pengiklan.

Konten yang ditujukan untuk penonton yang lebih dewasa masih dapat menghasilkan uang di YouTube, tapi mungkin jumlah iklan yang tampil tidak banyak.

Iklan yang tampil di video kamu akan dipilih secara otomatis berdasarkan berbagai faktor, meliputi:

  • Penonton
  • Metadata video
  • Apakah video cocok untuk pengiklan 

Jenis iklan

Berikut ini adalah berbagai jenis iklan yang dapat muncul di video kamu, di antaranya:

1.     Iklan display

Iklan display muncul di sebelah kanan video dan di atas daftar saran video (rekomendasi video).

2.     Iklan overlay

Iklan overlay merupakan iklan semi-transparan yang ditampilkan di 20% bagian bawah video.

3.     Iklan bumper

Iklan bumper tidak dapat dilewati, memiliki durasi 6 detik atau kurang dan harus ditonton sebelum video ditayangkan.

4.     Iklan skippable

Iklan skippable adalah iklan video yang dapat dilewati dan biasanya iklan ini tampil di sela-sela tayangan video.

5.     Iklan non-skippable

Iklan non-skippable adalah iklan video yang tidak bisa dilewati dan biasanya iklan ini tampil di sela-sela tayangan video.

6.     Iklan kartu sponsor

Kartu sponsor, yang menampilkan iklan konten yang relevan dengan video.

7.     Iklan mid-roll

Iklan mid-roll merupakan iklan yang ditayang pada konten berdurasi panjang, video berdurasi minimal 8 menit.

Posting Komentar

0 Komentar