Pemasukan iklan adalah sumber penghasilan yang bagus untuk para kreator. Pikirkan cara membuat video yang beresonasi dengan penonton dan cocok bagi para pengiklan.
Ada 3 faktor penting dalam sistem monetisasi YouTube:
- Penonton
- Kreator
- Pengiklan
Dari perspektif penonton, pihak YouTube ingin Youtube menjadi tempat terbaik untuk menikmati konten yang menghibur.
![]() |
Picture By https://rangkingsatu.com/ |
Dari perspekstif kreator, pihak YouTube mengharapkan YouTube bisa menjadi platform yang optimal, di mana para kreator bisa membuat konten yang disukai penonton dan menghasilkan uang yang berkelanjutan dari konten yang mereka unggah.
Dari perspektif pengiklan, pihak YouTube ingin menyediakan
lingkungan aman untuk menjangkau target penonton mereka secara tepat dengan
presisi yang bisa diukur.
Ketiga pemain ini saling melengkapi.
- Kreator membangun penonton
- Pengiklan membeli iklan untuk menjangkau penonton, dan
- Penonton menonton video dengan iklan yang relevan, lalu
- Kreator mendapat bayaran.
Setelah bergabung ke Program Partner YouTube, kamu bisa
memonetisasi video kamu dangan cara mengaktifkan iklan dari YouTube Studio dan
mulai menghasilkan uang.
Sangat disarankan untuk memilih semua format iklan sebagai
default upload supaya kamu bisa memaksimalkan jenis iklan yang ditayangkan.
Namun, pastikan video yang dipilih untuk menampilkan iklan
mematuhi pedoman yang cocok untuk pengiklan.
Konten yang cocok untuk pengiklan biasanya sesuai untuk sebagian
besar penonton dan tidak berisi topik yang sensitif, seperti konten yang
menjurus ke arah seksual, narkoba, atau konten ujaran kebencian.
Itu hanya sebagian, masih ada banyak lagi contoh konten yang
tidak cocok untuk pengiklan.
Konten yang ditujukan untuk penonton yang lebih dewasa masih
dapat menghasilkan uang di YouTube, tapi mungkin jumlah iklan yang tampil tidak
banyak.
Iklan yang tampil di video kamu akan dipilih secara otomatis
berdasarkan berbagai faktor, meliputi:
- Penonton
- Metadata video
- Apakah video cocok untuk pengiklan
Jenis
iklan
Berikut ini adalah berbagai jenis iklan yang dapat muncul di video kamu, di antaranya:
1. Iklan display
Iklan display muncul di sebelah kanan video dan di atas daftar
saran video (rekomendasi video).
2. Iklan overlay
Iklan overlay merupakan iklan semi-transparan yang ditampilkan
di 20% bagian bawah video.
3. Iklan bumper
Iklan bumper tidak dapat dilewati, memiliki durasi 6 detik atau
kurang dan harus ditonton sebelum video ditayangkan.
4. Iklan skippable
Iklan skippable adalah iklan video yang dapat dilewati dan
biasanya iklan ini tampil di sela-sela tayangan video.
5. Iklan non-skippable
Iklan non-skippable adalah iklan video yang tidak bisa dilewati
dan biasanya iklan ini tampil di sela-sela tayangan video.
6. Iklan kartu sponsor
Kartu sponsor, yang menampilkan iklan konten yang relevan dengan
video.
7. Iklan mid-roll
Iklan mid-roll merupakan iklan yang ditayang pada konten berdurasi panjang, video berdurasi minimal 8 menit.
0 Komentar