Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perencanaan Pembelajaran disini dijelaskan ada 4 jenis yang paling dominan yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana, dan faktor lingkungan.
![]() |
(sumber gambar: cambridge.lk) |
A. A. Faktor guru
Guru
merupakan komponen yang menentukan, hal ini disebabkan guru merupakan orang
yang secara langsung berhadapan dengan siswa. Disini guru bisa berperan sebagai
perencana atau desainer pembelajaran untuk mengimplikasikan sebagai
implementator dan atau mungkin keduanya. Sebagai perencana guru dituntut
untuk memahami secara benar kurikulum yang berlaku, karakteristik siswa,
fasilitas dan sumber daya yang ada sehingga semuanya di jadikan
komponenen-komponen dalam rencana dan desain pembelajaran. Menurut dunkin
(1974) ada sejumlah aspek yang dapat mempengaruhi kualitas guru yaitu
:
1. 1. Teacher
formatif experience
mengikuti
jenis kelamin serta semua pengalaman hidup guru yang menjadi latar belakang
sosial mereka, yang termasuk kedalam aspek ini diantaranya tempat asal
kelahiran guru, termasuk suku, latar belakang budaya dan adat istiadat, keadaan
keluarga dimana guru itu berasal.
2.
2. Teacher
training experience
meliputi
pengalaman-pengalaman yang berhubungan dengan aktivitas dan latar pendidikan
guru, misalnya pengalaman latihan professional, tingkatan pendidikan,
pengalaman jabatan,dsb.
3.
3. Teacher
properties
adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sifat yang dimiliki guru terhadap siswa, sikap guru terhadap profesinya, kemampuan atau intelegensi guru, motivasi dan kemampuan mereka baik dalam pengelolaan pembelajaran,termasuk didalamnya kemampuan dalam merencanakan dan evaluasi pembelajaran maupun kemampuan dalam penguasaan materi pelajaran.
B B. Faktor
siswa
Siswa
adalah organisme yang unik yang berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya.
Perkembangan anak adalah perkembangan seluruh aspek kepribadiannya, akan tetapi
tempo dan irama perkembangan masing-masing anak pada setiap aspek tidak selalu
sama. Proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh perkembangan anak yang tidak
sama itu, disamping karakteristik lain yang melekat pada diri anak.
Menurut Dunkin
(1974) faktor-faktor yang dapat memengaruhi proses pembelajaran
dilihat dari aspek siswa meliputi:
1. 1. Aspek
latar belakang meliputi jenis kelamin siswa, tempat kelahiran dan tempat
tinggal siswa, tingkat social ekonomi siswa, dari keluarga yang bagaimana siswa
berasal dan lain sebagainya.
2.
2. Dilihat
dari sifat yang dimiliki siswa meliputi kemampuan dasar, pengetahuan dan sikap.
3. 3. Aspek sikap dan penampilan siswa dalam proses pembelajaran juga merupakan faktor yang memengaruhi proses pembelajaran. Adakalanya ditemukan siswa yang sangat aktif (hyperkinetic) dan ada pula siswa yang pendiam, tidak sedikit juga ditemukan siswa yang memiliki motivasi yang rendah dalam belajar.
C C. Faktor
sarana dan prasarana
Sarana
adalah segala sesuatu yang mendukung secara langsung terhadap kelancarana
proses pembelajaran misalnya media pembelajaran, alat-alat pelajaran,
perlengkapan sekolah,dsb. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang secara
tidak langsung dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran misalnya, jalan
menuju sekolah, penerangan sekolah, kamar kecil,dsb.
D. Faktor lingkungan
Faktor lingkungan meliputi:
1. 1. Faktor
organisasi kelas didalamnya meliputi jumlah siswa dalam satu kelas, organisasi
kelas yang terlalu besar akan kurang efektif dalam mencapai tujuan
pembelajaran. Kelompok belajar yang besar dalam satu kelas berkecenderungan:
2. 2. Sumber
daya kelompok akan tambah luas sesuai dengan jumlah siswa sehingga waktu yang
tersedia akan semakin sempit.
3. 3. Kelompok
belajar akan kurang mampu memanfaatkan dan menggunakan sumber daya yang ada.
4. 4. Kepuasan
belajar siswa akan cenderung menurun.
5. 5. Perbedaan
individidu antar anggota akan semakin tampak, sehingga akan semakin sukar
mencapai kesepakatan.
6. 6. Anggota
kelompok yang terlalu banyak berkecenderungan akan semakin banyak siswa yang
terpaksa menunggu untuk sama-sama maju mempelajari materi pelajaran baru.
7. 7. Anggota
kelompok yang terlalu banyak akan cenderung semakin banyaknya siswa yang enggan
berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan kelompok.
8. 8. Faktor
lain dari dimensi lingkungan yang dapat memengaruhi proses pembelajaran adalah
faktor iklim sosial psikologis. Maksudnya adalah keharmonisan hubungan antara
orang yang terlibat dalam proses pembelajaran. Iklim sosial psikologis secara
internal adalah hubungan antara orang yang terlibat dalam lingkungan sekolah
misalnya iklim sosial antara siswa denga siswa; antara siswa dengan guru;
antara guru dengan guru bahkan antara guru dengan pimpinan sekolah. Iklim
sosial psikologis eksternal adalah keharmonisan hubungan antara pihak sekolah
dengan dunia luar misalnya hubungan sekolah dengan orang tua siswa, sekolah
dengan lembaga-lembaga masyarakat, dsb.
Daftar Pustaka
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
0 Komentar