Dengan Google Adsense, banyak blogger sukses
yang mendapatkan ratusan hingga ribuan dolar per bulannya. Untuk anda yang baru saja diterima menjadi
publisher Adsense, biasanya masih
bingung saat melihat halaman Dashboard
Google Adsense karena
banyak istilah-istilah Adsense yang digunakan, seperti CTC, RPM, CTR dan banyak
lagi istilah lainnya, disini akan kita bahas dan mengenal istilah dalam google
adsense.
Daftar istilah tersebut sebenarnya adalah
informasi statistik yang diberikan oleh Google Adsense untuk para Publisher-nya terkait data-data yang berkaitan dengan
taksiran penghasilan yang akan anda peroleh.
Dengan
adanya data statistik ini, diharapkan publisher bisa mengetahui
seberapa optimal kinerja dari channel youtube atau blog dengan iklan yang
dipasang sehingga publisher bisa mengoptimasi pendapatan
yang diperoleh.
Baca Juga : Tips Daftar Google Adsense Cepat diterima
Berikut penjelasan istilah-istilah pada
Google Adsense :
1. Tampilan Laman ( Page Views)
Page View atau tampilnya halaman, adalah jumlah yang menunjukan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung blog, nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut, jika iklan yang kita letakan pada halaman yang ditampilkan berjumlah 3 buah unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka Page impressionnya tetap saja adalah 10.
2. Click
Untuk mendifinisikan klik yang berkaitan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandunga arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang anda pasang di blog.
3. RPM (Rvenue Per Thoushand Impression)
RPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.
Baca Juga : Langkah Mudah Daftarkan Website ke Google Adsense
4. CPC (Cost Per Click)
CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya, setiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan dollar dari iklan tersebut.
5. Tayangan (Impression)
Tayangan atau Impression bisa merujuk pada pengguna yang melihat halaman tertentu, unit iklan tertentu, atau berbagai iklan tertentu.
Oleh karena itu, sebuah ‘Impression’ dapat dikategorikan ke dalam tampilan halaman atau tayangan iklan.
Tayangan dihitung untuk setiap permintaan iklan yang menghasilkan setidaknya satu iklan pada blog, bisa berupa jumlah unit iklan (untuk iklan konten) atau kueri penelusuran (untuk iklan penelusuran) yang menampilkan iklan.
6. RKT (Rasio Klik Tayang) Laman atau Page CTR (Click Thtough Ratio)
RKT adalah perbandingan dalam bentuk persentase untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil, jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai RKT untuk iklan tersebut adalah 1%.
Baca Juga : 10 Hal Ini Jangan dilakukan Publisher Adsense
7. Penghasilan Tertaksir (Estimated Earning)
Estimated Earning adalah taksiran penghasilan yang diperoleh dari iklan adsense yang anda pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara Jumlah click dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin bersar pula estimated earning yang akan anda peroleh, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang anda peroleh.
0 Komentar